Cara Menahan Nafsu

15 Jul 2013

Puasa adalah menahan hawa nafsu dari segala hal yang membatalkan. Begitu kata ustadz gue waktu masih di TPA dulu. Yang namanya manusia kan di beri akal dan nafsu. Beda sama makhluk lain kaya binatang yang Cuma diberi nafsu doang. Atau malaikat yang Cuma punya akal saja namun tidak dikarunia nafsu.

Nah sebagai manusia yang dilengkapi oleh dua hal diatas, nafsu dan akal. Menurut gue cara melawan nafsu itu ya pake akal. Simpel bukan? Iya kalo ngomong sih emang simple tapi prakteknya lumayan juga sih.

Oke gue bakalan share tips gimana cara menahan nafsu selama shaum. Sebenarnya nafsu itu bisa diarahkan jadi ga perlu dilawan. Hehehe. Misalnya menahan amarah. Buat gue cara yang paling ampuh buat menahan amarah adalah dengan diam. Ga usah ditanggepin hingga amarah itu akan reda dengan sendirinya.

Kalo laper dan haus gimana? Kalo gue sih mengakalinya dengan cara menyibukkan diri dengan hal-hal positif. Ngeblog contohnya. Atau baca-baca buku. Atau yang paling berpahala adalah ngaji. Trus ga usah liatin jam mulu. Semakin lo liatin jam waktu berasa semakin lambat berjalan. Kalo memang ga mempan boleh lah tidur sebentar agar laparnya hilang. Tapi jangan tidur seharian kaya uler. Hahaha

Selain itu gue juga jarang keluar pas sore-sore ngabuburit cari tajil. Kenapa? Soalnya ngabuburit buat gue adalah saat-saat yang penuh godaan dan nafsu. Gimana engga lo jalan-jalan ke sebuah tempat yang penuh makanan dan semuanya sedep-sedep kelihatan. Jadilah laper mata. Pengen beliin semuanya. Tapi pas buka, nyobain dikit aja udah kenyang.

Menahan nafsu yang terberat lainnya adalah pas buka puasa. Rasanya mau dimakan aja semuanya yang ada dimeja. Disini gue mensiasatinya dengan makan pelan-pelan dan pake piring kecil. Jadi pas udah ngerasa kenyang ya udah. Buka bukanlah waktu untuk balas dendam.

Sekian tips dari gue. Intinya sih nafsu itu diarahkan saja ke hal-hal positif. Dan jangan biarkan nafsu mengalahkan akal.


TAGS menahan hawa nafsu


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post